Perbandingan Avante vs Kredivo soal Bunganya

Ekonomi dan Keuangan

Avante ternyata merek generik yang merujuk pada berbagai produk. Jika kamu googling dan berniat untuk mencari bunga Avante, maka harus lebih spesifik dengan menambahkan kata pinjaman online.

Sampai saat ini masih ada beberapa pinjaman online cepat cair terbaru yang masih berbasiskan website, bukan aplikasi. Seperti yang masih digunakan oleh Avante. Maksudnya semua proses pendaftaran dan verifikasi data dilakukan melalui situs resminya.

Tidak seperti Kredivo, salah satu multifinance yang kini aplikasinya sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna, mengarahkan semua proses transaksi lewat aplikasi  resminya baik di Google Play Store maupun App Store. Lalu apa beda keduanya? Yuk simak ulasan lengkapnya sampai akhir. 

Bunga Kredivo vs Avante

Kredivo memberikan bunga flat sehingga perhitungannya sangat mudah jika kita mengajukan pinjaman berapapun asalkan masih sesuai dengan batas limit pinjamannya. Inilah salah satu yang memudahkan meminjam lewat Kredivo, kita bisa langsung tahu bunga pinjamannya saat hendak mengajukan pinjaman, semua dilakukan secara transparan di awal transaksi.

Bunga pinjaman yang ditawarkan oleh Kredivo untuk pinjaman tunai sebesar 2,6% ditambah dengan biaya admin sebesar 6% yang akan dipotong dari jumlah pinjaman.

Sementara untuk Avante punya kebijakan tersendiri. Tidak disebutkan secara jelas berapa persen bunga yang ditetapkan, tetapi lewat simulasinya kita bisa menghitung bahwa bunga yang ditetapkan kira-kira sebesar 1,5%  per bulan ditambah dengan biaya admin kurang lebih 1,5%. Selain itu, proses pendanaan pun tidak akan diberikan 100 persen. Artinya, jika kita mengajukan pinjaman sebesar Rp1 juta, yang akan diberikan sebagai pinjaman adalah sebesar Rp900 ribu. Belum dikurangi dengan biaya admin. Setelah dikurangi biaya admin Barulah ditetapkan bunga pinjaman. 

Sayangnya simulasi tersebut diperuntukkan bagi para pelaku usaha atau UMKM, jadi tidak bisa digunakan oleh masyarakat umum yang tidak memiliki usaha legal dengan kedudukan hukum yang jelas. 

Tenor dan limit pinjaman

Soal tenor, Kredivo memang memberikan perlakuan yang berbeda antara pinjaman tunai dan non pinjaman tunai. Untuk pinjaman tunai diberikan tenor 30 hari tanpa bunga atau 3 dan 6 bulan. Tenor tanpa bunga sama seperti paylater.

Untuk limit paylater, maksimal yang diberikan oleh Kredivo hanya Rp3 juta. Itupun akan berbeda-beda setiap memberinya. Sementara untuk pinjaman tunai bagi member premium, diberikan plafon maksimal sampai dengan Rp30 juta. 

Sementara tenor yang diberikan Avante cukup besar karena untuk para pelaku usaha. Limit yang diberikan mulai dari Rp50 juta sampai dengan Rp2 miliar.

Proses pendaftaran Kredivo vs Avante

Meskipun hampir semua pinjaman online cepat cair terbaru kini berbasis online, tetapi ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Bagi Kredivo, tetap harus ada penyaringan calon debitur, terutama dalam segi kondisi finansialnya terlebih dahulu.

Untuk mendaftar lewat Kredivo yang perlu dilakukan hanya mengunduh aplikasi resminya di App Store maupun Google Store. Kemudian setelah itu tinggal melakukan pendaftaran serta pengajuan pinjaman. Semua berjalan hanya lewat aplikasi saja.

Sementara proses pendaftaran Avante berbasis website. Jadi, kamu tidak akan menemukan aplikasi Avante Pinjaman Online baik di App Store mapun di Google Play Store. 

Syarat pendaftaran Kredivo vs Avante

Untuk Kredivo layanan tersebut hanya bisa dimanfaatkan oleh WNI berusia 18 sampai dengan 60 tahun yang berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri. Selain itu, punya penghasilan paling tidak Rp3 juta per bulan barulah bisa mendaftar menjadi member di Kredivo.

Avante memberikan persyaratan yang jelas bagi para calon debiturnya. Diantaranya harus punya surat usaha dan berbadan hukum yang jelas minimal dalam bentuk UD, CV ataupun PT. Usaha yang dijalankan pun harus sudah berjalan paling tidak selama 3 bulan. 

Dari persyaratan tersebut sudah cukup jelas bahwa Avante tidak bisa digunakan sebagai pinjaman online biasa untuk masyarakat umum, melainkan untuk mengakomodasi kebutuhan para pelaku usaha yang sudah punya badan hukum yang jelas. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *