Berikut Ini Cara Mengusir Tikus Dari Rumah

Rumah
11 Pengusir Tikus Alami Tanpa Bahan Kimiawi Halaman all - Kompas.com

Tikus yang berkeliaran di sekitar rumah tentunya akan membuat anda merasa tidak nyaman. Bukan hanya merusak lingkungan, hewan pengerat yang satu ini juga merupakan sumber berbagai penyakit.

Salah satu jenis penyakit yang ditimbulkan dari tikus adalah Hantavirus Pulmonary Syndrome. Penyakit ini merupakan gangguan pernapasan yang tergolong menular. Gangguan kesehatan ini ditandai dengan gejala seperti flu yang bisa berkembang dengan cepat dan berpotensi mengancam jiwa.

Lalu bagaimana cara mengusir tikus dari rumah? Berikut cara untuk mengusir tikus dari rumah yang bisa anda coba seperti yang dikutip dari berita terbaru

  1. Menggunakan Kulit Telur

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan kulit telur. Caranya pun sangat mudah, yakni adalah dengan menghaluskan kulit telur hingga menjadi bubuk. Setelah itu taburkan bubuk kulit telur tersebut yang sering dilintasi tikus. Mudahkan?

  1. Menggunakan Kulit Buah Durian

Cara berikutnya adalah menggunakan kulit buah durian. Caranya adalah, yang pertama potong kulit buah durian lalu letakkan di tempat-tempat yang sering didatang oleh tikus curut. Karena kulit buah durian ini, selain memiliki duri yang tajam, namun juga memiliki aroma yang menyengat sehingga bisa mengusir tikus curut.

  1. Bubuk Kopi

Perlu diketahui bahwa tikus memiliki indra penciuman yang sangat tajam. Sehingga, seekor tikus itu selalu menggunakan penciumannya untuk melacak jejak yang ditinggalkannya. Kita semua tahu bahwa bubuk kopi pun memiliki aroma yang tajam. Tentunya aroma seperti ini tidak disukai oleh tikus, sehingga tikus akan menghindari area yang ada bubuk kopinya. Caranya adalah sebagai berikut : Yang pertama siapkan bubuk kopi hitam secukupnya. Lalu taburkan di sudut rumah yang sering dilewati tikus.

  1. Dengan Menggunakan Lada Bubuk

Caranya adalah dengan meletakkan lada bubuk di tempat persembunyian tikus atau di tempat yang sering didatangi tikus. Karena dalam lada bubuk ini terdapat senyawa piperin yang sangat menyengat dan akan membuat tikus merasa terganggu dan langsung pergi.

  1. Cengkeh

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mengusir tikus dari rumah adalah dengan menggunakan cengkeh. Karena cengkeh ini memiliki aroma khas yang tidak disukai oleh tikus. Caranya pengaplikasiannya adalah sebagai berikut : yang pertama masukkan beberapa lembar cengkeh ke dalam kain kasa. Lalu tunggu beberapa hari sampai benar-benar kering. Setelah itu letakkan bungkusan cengkeh tersebut di sudut-sudut ruangan yang sering dilintasi tikus. 

  1. Dengan Menggunakan Irisan Bawang

Bawang ini diklaim sangat efektif untuk mengusir tikus secara alami. Karena aroma bawang ini bisa dianggap menjijikan bagi tikus. Tikus tidak menyukai aroma dari bumbu dapur yang satu ini. Caranya adalah dengan meletakkan irisan bawang di tempat yang sering didatangi tikus maupun termpat persembunyiannya. Dengan cara sederhana ini, dijamin si tikus tidak akan betah berlama-lama di sana dan langsung pergi.  

  1. Dengan Menggunakan Minyak Peppermint

Cara berikutnya untuk mengusir tikus adalah dengan menggunakn minyak peppermint. Adapun caranya adalah sebagai berikut : pertama celupkan beberapa bola kapas dalam minyak peppermint dan menempatkannya di daerah yang banyak tikusnya. Selain itu, anda juga bisa menggunakan minyak jarak atau serai.

  1. Kantung Teh

Cara mengusir tikus dari rumah yang terakhir adalah dengan menggunakan kantung teh. Caranya adalah dengan meletakkan beberapa bekas kantung teh di dekat sarang tikus atau area yang sering dilewati tikus. Gampang kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *