Perbandingan Bunga Kredivo vs Home Credit, Mana Lebih Ringan?

Ekonomi dan Keuangan

https://lh3.googleusercontent.com/c7fZLznDkmz6wZSPaeDI2PTnqcX13WxtA9jQTCjgFMMiw50m7NV0N_3Tj6jDcxmOXUC1yaLN0cE1GcHmG1P_UbvlTEX5u0RR-UDKz0VIKpEvBbjkEhjAoHVrnq-gcRz-KTGBvbwV

Bagi yang suka belanja furnitur di pasar, pasti mengenal dengan produk keuangan Home Credit yang mensyaratkan KTP saja sudah bisa mencicil furnitur yang diinginkan. Home Credit juga memberikan pinjaman uang lewat aplikasi secara online.

Fungsinya kini bukan hanya sebagai multifinance yang memberikan kemudahan cicilan furniture atau alat elektronik tetapi juga lembaga keuangan yang memberikan cicilan dana tunai melalui aplikasi. Lalu apa saja ya kira-kira perbedaanya dengan Kredivo? Yuk, simak ulasan berikut ini untuk mengetahui keunggulannya masing-masing.

Bunga Kredivo vs Home Credit

Soal bunga Kredivo baru saja menurunkan bunga pinjaman uangnya dari 2.95% menjadi 2.6% per bulan. Baik pinjaman untuk belanja online maupun bunga pinjaman tunai sama-sama turun sehingga menjadi salah satu keuntungan bagi masyarakat di tengah pandemi seperti ini yang sedang membutuhkan pembiayaan untuk semua kebutuhan.

Lalu bagaimana dengan bunga Home Credit? Bunga pinjaman yang diberikan Home Credit berbeda-beda disesuaikan dengan jumlah pinjaman dan tenornya. Namun, jika dirata-rata bunga berada di kisaran antara 2% sampai dengan 4% per bulan.

Home credit juga menawarkan pinjaman berasuransi sehingga pinjaman akan tercover oleh asuransi jika debitur meninggal dunia karena sakit atau kecelakaan, cacat tetap, dan harus rawat inap karena kecelakaan. Tentu ada perhitungan yang berbeda antara pinjaman tanpa asuransi dan pinjaman berasuransi.

Timbang-timbang persyaratan Kredivo vs Home Credit

Kredivo adalah perusahaan pinjaman uang online yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Bagi calon nasabah yang tertarik untuk mendaftar, harap perhatikan persyaratan berikut ini dulu ya:

  • Warga Negara Indonesia dibuktikan dengan KTP.
  • Berusia antara 18 sampai dengan 60 tahun.
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Persyaratan tersebut adalah persyaratan minimal untuk mendapatkan kredit limit sampai dengan Rp30 Juta dari Kredivo dengan melakukan pendaftaran untuk akun premium.

Lalu bagaimana dengan syarat pengajuan pinjaman multiguna di Home Credit? Berikut ini adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh calon nasabah:

  • Warga Negara Indonesia dibuktikan dengan KTP seumur hidup, bukan ktp sementara.
  • Berusia 21 – 55 tahun atau sudah menikah minimal usia 19 tahun.
  • Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap.
  • Memiliki rekening bank aktif atau ada transaksi selama 3 bulan terakhir.
  • Memiliki handphone yang bisa digunakan untuk selfie untuk verifikasi data.

Syarat tersebut wajib dipenuhi agar mendapatkan persetujuan saat mengajukan pinjaman melalui Home Credit. Limit yang diberikan Home Credit kepada nasabahnya mulai dari Rp1 juta sampai dengan Rp25 juta per member disesuaikan dengan kondisi finansialnya. 

Belanja Online Menggunakan Kredivo vs Home Credit

Jika kamu sudah mendapatkan persetujuan menjadi member akun premium Kredivo, sudah bisa langsung digunakan untuk belanja online. Kredivo tidak mengenakan uang muka untuk pembelian barang secara online maupun offline. Bunganya juga flat 2,6% per 30 hari jadi sangat mudah untuk menghitung berapa bunga yang harus dibayarkan jika mengambil tenor 3,6 atau 12 bulan.

Sementara Home Credit mensyaratkan uang muka atau down payment untuk pembelian barang termasuk pembelian barang secara online. 

Nah, dari kedua platform tersebut pastinya kamu sudah bisa membandingkan yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu sendiri. 

Apapun platformnya, pastikan menggunakan pinjaman uang secara bijaksana. Jangan gunakan utang untuk kebutuhan yang sifatnya konsumtif kecuali untuk pengobatan atau kondisi darurat lainnya. Pastikan juga bahwa kamu hanya berurusan dengan lembaga keuangan yang sudah terdaftar dan diawasi secara ketat oleh OJK agar bisa mendapatkan jaminan keamanan dalam setiap transaksinya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *