Makanan Wajib Saat Lebaran Tiba

Kuliner

Product Image

Hari lebaran adalah salah satu momen yang paling ditunggu oleh seluruh umat muslim yang ada di seluruh dunia. Lebaran ini akan tiba setelah seluruh umat muslin menjalankan puasa selama satu bulan penuh. Saat lebaran tiba ada beberapa tradisi yang tidak bisa lepas dari masyarakat indonesia salah satunya adalah mudik. Pada saat lebaran tiba orang-orang yang berada di perantauan semuanya kembali sejenak ke kampung halaman untuk bersilaturahmi bersama keluarga tercinta. Saat kita berkumpul dengan keluarga tercinta pada saat lebaran tentu saja acara makan-makan pun menjadi hal yang paling di nanti, karena pastinya akan ada banyak makanan yang sangat di rindukan dan makanan-makanan yang khas disajikan saat lebaran tiba. Namun kamu masih bingung kira-kira makanan apa saja sih yang wajib di sajikan saat lebaran tiba, yuk kita lihat saja makanan yang bisa jadi referensi kamu di bawah ini:

  • Ketupat

Makanan yang paling khas dengan lebaran yaitu ketupat, ketupat ini terbuat dari beras dan di masak dengan cara di rebus.  Ketupat ini merupakan makanan yang paling banyak diburu saat hari lebaran tiba. Ketupat ini merupakan salah satu makanan yang bisa di jadikan pengganti nasi, karena ketupat dan nasi terbuat dari bahan dasar yang sama. ketupat ini di masak di dalam sebuah wadah khusus sehingga ketupat memiliki bentuk yang lebih padat jika dibandigkan dengan nasi.

  • Opor Ayam

Opor ayam ini merupakan makanan khas lebaran yang sangat cocok di makan dengan ketupat. Opor ayam ini merupakan salah satu makanan yang sangat terkenal di negara Indonesia. Sebenarnya opor ayam ini juga banyak di konsumsi sebagai menu sehari-hari, jadi opor ayam ini tidak hanya ada di hari lebaran saja. Opor ayam ini merupakan jenis makanan berkuah yang terbuat dari daging ayam yang di rebus di dalam kuah santan.

  • Sambal Goreng Ati

Sambal goreng ati juga termasuk kedalam salah satu makanan yang khas di hari lebaran loh. Pastinya kamu akan merasa tidak lengkap jika memakana ketupat dan juga opor ayam tanpa ada sambal goreng ati ini. Sambal goreng ati ini terbuat dari kentang dan ati sapi yang sudah digoreng dan nantinya barulah kentang dan ati ini dicampur dengan sambal goreng.

  • Kue Nastar

Makan selanjutnya ada kue nastar, kue nastar ini ini menjadi salah satu kue lebaran yang harus ada saat lebaran tiba. Kue nastar ini sangat mudah di temui ketika lebaran tiba dan juga banyak orang yang sangat suka kue nastar ini. Kue lebaran yang satu ini merupakan kue kering yang di buat dari adonan tepung terigu, telur, mentega, dan gula dan bahann lainnya. Kue Nastar ini memiliki bentuk bulat dengan ukuran sekitar diameter 2 sentimeter, yang khas dari kue lebaran yang satu ini yaitu kue ini berisi selai buah nanas.

  • Kacang Goreng

Makanan yang tidak boleh ketinggalan saat lebaran tiba adalah kacang goreng, makanan yang satu ini memang merupakan salah satu makanan sehari-hari yang biasa di konsumsi oleh orang Indonesia. Tapi pada saat lebaran tiba kacang goreng ini disajikan sebagai cemilan bersama makanan lainnya. Kacang goreng ini di buat dari dari kacang tanah yang sudah di kupas kemudian di bumbui dengan garam, bawang putih, dan penyedap rasa. Selanjutnya goreng hingga keemasan dan siap untuk di sajikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *